Kejuaraan Bulutangkis

Ada banyak kejuaraan bulutangkis baik yang berskala nasional maupun internasional, yang diselenggarakan oleh asosiasi bulutangkis suatu negera maupun oleh Badminton World Federation (BWF). Di Indonesia sendiri kita mengenal Indonesia Open, yaitu turnamen terbuka bagi atlet bulutangkis dalam maupun luar negeri. Di Inggris ada kejuaraan All England, dan masih banyak turnamen lain yang diadakan oleh assosiasi bulutangkis di suatu negara, seperti Oatar Open, Malaysia Open, Hongkong Open dan lain sebagainya. Untuk turnamen berskala internasional, Badminton World Federation (BWF) mengadakan kejuaraan resmi sejak tahun 1983, di mana kejuaraan-kejuaraan ini memiliki level tertinggi dalam kejuaraan bulutangkis.

Kejuaraan Bulutangkis


Adapun kejuaraan tersebut di antaranya adalah:

Kejuaraan Dunia, kejuaraan ini diselenggarakan sejak tahun 1977, yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Sejak tahun 2006, kejuaraan ini dilaksanakan setiap setahun sekali, namun apabila tahun pelaksanaan kejuaraan ini bersamaan dengan tahun pelaksanaan olimpiade, maka kejuaraan ini tidak diadakan ditahun tersebut.

Kejuaraan Dunia junior, sama seperti halnya kejuaraan dunia, pelaksanaan kajuaraan ini pun tidak ada bedanya dari segi waktu penyelenggaraan. Kejuaraan duniajunior merupakan! kejuaraan) junior paling bergengsi, di mana para. atlet yang berumur di bawah 19 tahun memperebutkan titel pemain terbaik.

Thomas Cup, merupakan kejuaraan dunia beregu putra paling bergengsi yang diadakan setiap dua tahun sekali, yang mana setiap negara peserta kejuaraan mengikutsertakan tiga atlet tunggal dan dua pasangan ganda putra. Dalam kejuaraan ini, negara peserta harus memenangkan tiga katagori dari lima kategor| untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Uber Cup, merupakan kejuaraan dunia beregu putri yang paling bergengsi, pelaksanaan kejuaraan ini bersamaan dengan pelaksanaan kejuaraan Thomas Cup. Adapun untuk kategori pemain dan jumlah kemenangan yang harus didapatkan oleh negara peserta sama seperti halnya dengan Thomas Cup.

Piala Sudirman, merupakan kejuaraan dunia 'beregu campuran dengan lima kategori yang dipertandingkan, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Kejuaraan ini diadakan setiap dua tahun sekali, yang mana untuk pertama kalinya diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Indonesia pada tahun 1989. Kana

Olimpiade, kejuaraan ini dilaksanakan. bersama. dengan penyelenggaraan olimpade dunia, Pertama: "kati' “dipertandingkan pada tahun 1992 di Barcelona, Spanyol, di mana pada tahun itu dua atlet bulutangkis legenda Indonesia, Susi susanti dan Alan Budikusuma berhasil mempersembahkan medali emas, 

Selain kejuaraan tingkat dunia, ada juga kejuaraan yang diselenggarakan di tingkat benua seperti cabang bulutangkis di Asian games, kejuaraan di tingkat kawasan benua seperti cabang bulu tangkis di Sea Games, dan kejuaraan tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh negara masing-masing, di Indonesia misalnya cabang bulu tangkis di PON dan Turnamen Djarum.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel