Penyebab Gusi Bengkak

Radang Pada Gusi - Gusi Bengkak adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada kesehatan kita. Kalau terus dibiarkan masalah ini akan mengganggu kenyamanan anda sehari-hari. Gusi bisa menjadi bengkak karena terjadinya peradangan pada gusi itu sendiri. Sebagai akibat terjadinya infeksi dan pembengkakan ini biasanya disertai rasa sakit. Pembengkakan gusi bisa terjadi cuma pada salah satu bagian mulut bisa pula secara menyeluruh. Kebersihan mulut yang tidak terjaga juga menyebabkan gusi bengkak.



Kita harus menyikat gigi secara benar agar gusi tidak terluka pada saat dibersihkan. Gusi yang membengkak hanya pada salah satu bagian mulut sebaiknya diteliti lebih lanjut apakah ada kaitannya dengan salah satu gigi yang dibiarkan rusak dan akhirnya membusuk, terinfeksi dengan akibat jadi bengkak. Bila dibiarkan lagi, seringkali terjadi benjolan kecil pada bagian yang bersangkutan (sekitar 1 cm dari tepi gusi), warnanya kemerahan lalu berubah jadi putih karena mengandung nanah.

Pengobatannya antara lain membersihkan plak atau karang gigi kalau sudah mulai terbentuk), melaksanakan upaya pembersihan gigi dan mulut secara optimal, obat kumur, kemudian kalau perlu obat pereda sakit dan anti infeksi. Kalau tidak bisa ditolong lagi, gigi terpaksa dicabut.