Cara Menghentikan Cegukan

Mengatasi Cegukan | Mengobati Cegukan - Setiap orang tentu pernah mengalami cegukan. Pasti terasa jengkel bila kita cegukan di saat kita berada di depan umum apalagi sedang ceramah atau berbicara di depan orang banyak. Ceguk... Ceguk... Hmm.. Tentu sangat tidak nyaman bukan.. Cegukan terjadi disebabkan adanya kontraksi dari otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut, secara tiba-tiba dan terjadi secara involunter tanpa disadari. Tidak hanya orang dewasa, cegukan terkadang juga terjadi pada balita. Dalam dunia kesehatan, cegukan dikenal dengan istilah "Singultus". Sedangkan dalam bahasa Inggris cegukan di kenal dengan nama "Hiccups". Berikut beberapa cara untuk mengatasi cegukan :

  • Carilah gula batu atau 1 sendok gula kemudian telan gula tersebut. Cara ini dipercaya dapat menghentikan cegukan hanya dalam sekejap. Gula dipercaya dapat merangsang saraf-saraf otot kita, terutama ketika otot diafragma mulai berkontraksi secara tidak teratur.

  • Tahanlah nafas sekuat mungkin agar kandungan karbondioksida dalam darah meningkat. Sehingga akan memacu aktivitas otak yang membuat atau yang mengontrol terjadinya cegukan berhenti.

  • Gunakan kantong plastik untuk melakukan tarik nafas dan membuang di dalam kantong tersebut selama 1 menit. Cara ini mempunyai tujuan yang hampir sama dengan yang di atas yaitu untuk meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah.

  • Gunakan cotton bud atau sumpit untuk menekan langit-langit ke arah depan dan belakang selama sekitar 2 menit.

  • Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel