Pengukuran Anthropometrik

Mengukur Tinggi Badan | Berat Badan | Tebal LemakAntropometri adalah pengukuran yang dilakukan pada manusia dan lebih cenderung terfokus pada dimensi tubuh manusia. Telah lama menjadi suatu keyakinan bahwa kemampuan gerak, baik pada pria maupun wanita, dipengaruhi oleh sejumlah factor seperti usia, tinggi badan, berat badan dan struktur tubuh. Namun perlu diingat, anak yang usianya sama belum tentu memiliki ukuran tubuh yang sama. Anak yang memiliki tinggi badan yang sama belum tentu memiliki berat badan yang sama. Tinggi badan menggambarkan pertumbuhan yang bersifat linear, dan hal ini selain karena factor genetic, juga dipengaruhi oleh asupan gizi yang dikonsumsi di waktu lampau. Sementara itu, berat badan dan tebal lemakdi bawah kulit menggambarkan pertumbuhan jaringan yang sangat dipengaruhi asupan gizi waktu sekarang.


Tinggi Badan
Untuk mengukur tinggi badan, yaitu jarak vertical dari lantai sampai pada kepala bagian atas. Tinggi badan merupakan factor pentingpada beberapa cabang olahraga seperti sepak bola dan bola basket. Artinya pemain yang berbadan tinggi memiliki keuntungan disbanding dengan pemain yang berbadan pendek.
Peralatan : Stadiometer atau pipa pengukur yang ditempel di tembok.
Prosedur : Anak berdiri tegak lurus dengan kaki tanpa alas. Kedua tumit rapat, pantat dan bahu menempel pada tembok serta lengan lurus ke bawah.
Penskoran : Catat tinggi badan dengan satuan centimeter dengan tingkat ketepatan sampai 1 desimal. Misal 123,5 cm.

Berat Badan
Berat badan merupakan ukuran anthropometric untuk menilai kondisi tubuh. Pada bayi yang baru lahir, dapat dikatakan normal jikamemiliki berat badan di atas 2.5 kg. Pada remaja dan dewasa, berat badan menjadi indicator penting kandungan protein, lemak, karbohidrat dan lainnya. Sebelum dilakukan pengukuran periksalah dengan seksama apakah timbangan masih dalam kondisi yang baik atau tidak. Untuk mengukur berat badan, yaitu berat total masa tubuh. Ada sejumlah olahraga yang membutuhkan berat badan besar seperti gulat dan lempar, dan ada juga olahraga yang membutuhkan berat badan ringan seperti senam dan lari jauh. Jika anda mempunyai keinginan untuk memiliki berat badan yang ideal, anda dapat menurunkan berat badan dengan melakukan dengan diet seperti diet golongan darah, diet mayo, dan lainnya.
Peralatan : Timbangan yang mempunyai ketepatan hingga 0,5 kg.
Prosedur : Anak berdiri di atas timbangan tanpa menggunakan alas kaki atau pakaian yang memberatkan.
Penskoran : Lihatlah angka skala yang ditunjukkan oleh timbangan. Catat berat badan dengan ketepatan sampai 1 angka decimal. Misalnya 65,5 kg.

Tebal Lemak
Lemak merupakan salah satu indicator untuk melihat kondisi tubuh seseorang. Perubahan jaringan lemak akan menggambarkan keseimbangan energy. Salah satu cara untuk mengukur kandungan lemak dalam tubuh adalah dengan menggunakan Skinfold Caliper. Pengukuran biasanya dilakukan pada sisi bagian kanan tubuh dengan posisi subjek berdiri. Dari tempat-tempat yang diukur kemudian dijumlahkan dan selanjutnya dirata-rata. Satuan ukurannya adalah millimeter (mm). Berikut kategori kandungan lemak dalam tubuh :

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel