Makanan Yang Banyak Mengandung Serat

Makanan Berserat Tinggi - Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita harus mencukupi kebutuhan makanan yang banyak mengandung serat. Manfaat serat dalam tubuh kita antara lain untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, menurunkan kadar gula dalam darah dan juga dapat mencegah penyakit kanker. Kebutuhan serat antara laki-laki dan perempuan adalah berbeda. Seorang laki-laki memerlukan serat sekitar 40 gram dalam sehari. Sedangkan wanita memerlukan sekitar 25 gram serat dalam sehari. Untuk memenuhi kebutuhan serat pada tubuh, seseorang harus mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung serat. Untuk itu kiranya penting untuk mengetahui bahan makanan apa saja yang banyak mengandung serat. Berikut beberapa makanan yang banyak mengandung sertat.


Buah Alpukat - Selain memiliki kandungan serat yang tinggi yaitu sekitar 10-12 gram, buah ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Jagung - Sumber makanan yang satu ini memang dapat dengan mudah ditemukan di negara kita. Kandungan serat pada jagung adalah sekitar 2 gram dalam setiap setengah cangkir. Untuk itulah jagung adalah salah satu makanan yang dapat kita konsumsi ketika kita sedang diet. Selain memiliki rasa yang enak, jagung juga kaya akan serat.

Kacang hitam - Kacang hitam mengandung 15 gram serat dan 15 gram protein per cangkirnya. Warnanya yang gelap menandakan tingginya kandungan flavonoid, pigmen tumbuhan yang bersifat antioksidan. Carolyn Brown menyarankan, ketika mengonsumsi kacang hitam dalam program diet, pastikan juga untuk minum lebih banyak air agar lebih efektif.

Kacang merah - Kacang merah sangat populer di India Utara dan Selandia Baru. Kacang merah kaya akan serat, protein, dan zat besi. Seratus gram kacang merah yang sudah dikeringkan akan menghasilkan empat gram serat yang terdiri atas serat yang larut air dan yang tidak larut air. Serat yang larut air inilah yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Kacang buncis - Jenis kacang-kacangan ini sangat bermanfaat karena kaya serat dan antioksidan. Buncis banyak ditemukan di daerah Timur Tengah, yang menjadi bahan pokok dalam campuran hidangan, seperti hummus dan falafel. Kacang-kacangan ini juga banyak ditemukan di India, produsen buncis terbesar di dunia.

Gandum - Biasa juga disebut dengan millet ini memiliki rasa yang agak manis. Millet berserat tinggi, mengandung vitamin, mineral, dan protein. Jika Anda ingin berdiet, gandum bisa jadi pilihan menu untuk dikonsumsi.

Beras merah - Secangkir beras merah mempunyai kandungan 3,5 gram serat. Beras merah juga berguna untuk menurunkan diabetes. Peneliti Harvard menemukan bahwa makan lima atau lebih porsi nasi putih seminggu meningkatan risiko diabetes tipe 2 sebesar 17 persen. Tapi dengan menambah porsi makan dari beras merah per minggu akan mengalami penurunan risiko sebesar 11 persen.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel