Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Tips Membedakan Madu Murni dan Palsu – Madu adalah salah satu suplemen yang banyak mengandung khasiat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu banyak orang yang mengkonsumsi madu sebagai suplemen tubuh. Baik dikonsumsi langsung ataupun dicampur dengan makanan atau minuman lain, madu tetap memiliki khasiat yang istimewa bagi tubuh. Di dalam madu terdapat kandungan propolis yaitu suatu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Dikumpulkan oleh lebah madu dari pucuk daun-daun yang muda untuk kemudian dicampur dengan enzim tertentu dari dalam tubuhnya, digunakan untuk menambal dan mensterilkan sarang. Propolis bersifat disinfektan (anti bakteri) yang membunuh semua kuman yang masuk ke dalam sarang lebah. Banyaknya manfaat atau khasiat yang terdapat pada madu membuat para penjual madu memalsukan madu dengan cara mencampurnya dengan cairan gula untuk mendapatkan keuntungan yang bayak. Nah pada kesempatan kali ini Arena Terbaru ingin memberikan tips Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu.


Berikut pemahaman tentang Madu Asli dan Palsu :
  • Pemahaman tentang madu asli adalah jika tidak dikerubutin semut adalah kesalahan yang besar. Justru madu murni (asli) yang dikerubutin semut

  • Jika madu asli diletakkan di dalam kulkas akan membeku adalah pemahaman yang salah, justru madu alami (asli) dimungkinkan bisa membeku. Hal ini dikarenakan, dalam madu alami terkandung mineral yang dapat mencapai 25%. Sebotol madu alami (asli) akan rusak jika bercampur dengan air biasa walaupun hanya setetes. Oleh karena itu, sebaiknya madu alami tidak diletakkan didalam kulkas, tapi diletakkan pada ruangan dengan suhu normal.

  • Tingkat kemanisan madu dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi lebah atau tawon. Sehingga madu asli belum tentu rasanya manis. Seperti lebah madu yang mengkonsumsi bunga rondo noleh, dapat menyebakan rasa madu agak sedikit pahit dan juga madu lebah lanceng justru dominan masam.

  • Baik madu asli atau madu palsu dapat mengkristal jika didiamkan. Hal ini bergantung dari bunga yang dikonsumsi lebah, seperti madu kaliandra dan madu randu dapat memunculkan kristal jika didiamkan. Namun kristal itu akan hilang jika botol dikocok.

Cara Membedakan Madu Alami dan Madu Palsu :

  • Tuangkan madu setengah sendok teh di atas piring, campurkan air 5-7 sendok makan, gerak-gerakkan piring dengan gerakan melingkar hingga air bercampur dengan madu. Madu alami (asli) akan menampakkan sangat jelas bentuk semacam sarang lebah di seluruh cairan madu, sedangkan madu palsu tidak menampakkan tanda itu.

  • Panaskan setengah sendok makan madu di atas lilin. Tunggu hingga mendidih, biarkan sekitar 15 detik. Madu alami (asli) mendidih hingga busanya tumpah. Sedangkan madu palsu tidak tumpah dan buihnya kecil-kecil.

  • Tuangkan madu ke dalam botol hingga separuh. Kocoklah selama 2 menit. Biarkan beberapa saat. Madu asli mengeluarkan butir-butir buih secara merata, lalu butir-butir buih itu bergerak perlahan ke atas. Pada madu palsu buih-buih itu bergerak lebih cepat.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel