Spektrum Gaya Mengajar

Spectrum Gaya Mengajatr Guru - Tujuan spectrum gaya mengajar adalah untuk memberikan pengetahuan yang kongkrit tentang alternatif dalam aktivitas mengajar bagi guru dan mengajak mereka untuk melaksanakannya bersama siswa guna mencapai tujuan tertentu. Rumusan spectrum gaya mengajar yang mendasar adalah bahwa mengajar diatur dengan proses penyatuan pengambilan keputusan. Setiap aktivitas mengajar yang baik adalah dari keputusan sebelumnya. Membuat mengajar, misalnya : bagaimana mengorganisasikan siswa, pokok bahasan, siswa, memilih perilaku verbal, menciptakan susunan social-afektif atau menyelenggarakan hubungan-hubungan kognitif dengan siswa. Mengidentifikasi keputusan-keputusan utama dan memahami kombinasi keputusan yang memungkinkan, akan membuka pandangan yang luas untuk melihat hubungan guru dan siswa. Setiap pilihan dalam hubungan guru dan siswa memiliki struktur keputusan tertentu yang dibuat oleh guru dan siswa. Spectrum gaya mengajar mengidentifikasikan pilihan-pilihan atau gaya-gaya mengajar, struktur keputusan, peran khusus guru dan siswa dalam setiap gaya mengajar dan tujuan yang ingin dicapai.


Struktur spectrum terdiri dari :
  1. Aksioma (The Axion) - Seluruh struktur spectrum berasala dari premis sebelumnya yang menyatakan bahwa perilaku mengajar adalah suatu rangkaian pengambilan keputusan. Tiap aktivitas mengajar yang tepat adalah hasil dari keputusan sebelumnya.

  2. Anatomi Gaya Mengajar (The Anatomy of Any Style) - Anatomi gaya mengajar terdiri dari kategori-kategori keputusan yang mungkin yang harus diambil dalam transaksi belajar-mengajar. Kategori ini dikelompokkan kedalam tiga tahap, yaitu :

    • Pra Pertemuan (Preimpact set) - Keputusan-keputusan yang harus dibuat sebelum transaksi belajar-mengajar berlangsung.

    • Selama Pertemuan (Impact set) - Keputusan-keputusan yang berhubungan dengan inti transaksi belajar-mengajar.

    • Pasca Pertemuan (Postimpact set) - Mengidentifikasi keputusan-keputusan yang berhubungan dengan evaluasi transaksi belajar-mengajar.

  3. Pembuatan Keputusan (The Decision Makers) - Baik guru maupun siswa dapat membuat keputusan-keputusan dalam berbagai kategori-kategori yang disajikan dalam anatomi gaya mengajar. Jika semua atau sebagian besar keputusan dalam kategori menjadi tanggung jawab guru misalnya, maka guru tersebut memiliki tanggung jawab pembuatan keputusan pada tingkat “maksimum”, dan sebaliknya siswa memiliki tanggung jawab pembuatan keputusan pada tingkat “minimum”.

  4. Spektrum Gaya Mengajar (Spectrum) - Dengan menentukan siapa yang membuat keputusan, tentang apa dan kapan, maka memungkinkan untuk mengidentifikasi struktur dari 11 gaya mengajar, dan juga gaya mengajar alternative yang memungkinkan yang berada diantara spectrum gaya-gaya mengajar tersebut.

  5. Cluster (Clusters) - Struktur gaya mengajar mencerminkan dua kapasitas dasar, yaitu kapasitas untuk “reproduksi” dan kapasitas “produksi”. Pada dasarnya tiap manusia memiliki kapasitas untuk mereproduksi pengetahuan, meniru model, dan berlatih ketrampilan. Disamping itu, manusia juga memiliki kapasitas untuk mereproduksi ide, sesuatu, dan kapasitas untuk mengajukan hal-hal yang baru dan yang belum diketahui.

  6. Efek Pengembangan (The Developmental Effects) - Karena keputusan-keputusan selalu berpengaruh terhadap apa yang terjadi pada siswa, maka tiap gaya berpengaruh pada perkembangn siswa. Sprektrum gaya mengajar memberikan kerangka kerja untuk mengkaji pengaruh tiap gaya dalam domain kognitif, afektif, social, fisik, dan domain moral.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel