Pentingnya Mengetahui Minat Pada Anak

Minat Pada Anak - Kita sering mendengar istilah minat dalam kehidupan sehari-hari, terutama bila kita akan melakukan suatu kegiatan. Banyak ahli yang telah menjelaskan pengertian dari minat. Hilgard dalam Slameto (2010:57) memberi rumusan rumusan tentang minat adalah sebagai berikut: “Interest is persisting tendency to pay attention to and enjoy some activity or content” yang artinya, minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang, diperhatikan terus-menerus yang disertai rasa senang.


Hurlock (1995:214) mengatakan bahwa pada semua usia, minat memainkan peran yang penting dalam kehidupan seseorang dan mempunyai dampak yang besar atas perilaku dan sikap, terutama selama masa kanak-kanak. Pentingnya minat antara lain:
  • Sepanjang masa kanak-kanak, minat menjadi sumber motivasi yang kuat untuk belajar.
  • Minat mempengaruhi bentuk dan intensitas aspirasi anak.
  • Minat menambah kegembiraan pada setiap kegiatan yang ditekuni seseorang.

Cara Menemukan Minat Anak
  1. Pengamatan kegiatan - Dengan mengamati mainan anak dan benda-benda yang mereka beli, kumpulkan atau gunakan dalam aktivitas yang ada unsur spontanitas, kita dapat memperoleh petunjuk mengenai minat mereka.
  2. Pertanyaan - Bila anak terus menerus bertanya mengenai sesuatu, minatnya pada hal tersebut lebih besar daripada minatnya pada hal yang hanya sekali-kali ditanyakan.
  3. Pokok pembicaraan - Apa yang dibicarakan anak dengan orang dewasa atau teman sebaya memberi petunjuk mengenai minat mereka dan seberapa kuatnya minat tersebut.
  4. Membaca - Bila anak-anak bebas memilih buku untuk dibaca atau dibacakan. anak memilih yang membahas topik yang menarik minatnya.
  5. Menggambar spontan - Apa yang digambar atau dilukis anak secara spontan dan seberapa sering mereka mengulangnya akan memberi petunjuk tentang minat mereka terhadap sesuatu.
  6. Keinginan - Bila ditanya apa yang diinginkan bila mereka dapat memperoleh apa saja yang mereka inginkan kebanyakan anak dengan jujur akan menyebut hal-hal yang paling diminati.
  7. Laporan mengenai apa saja yang diminati - Bila ditanya untuk menyebut atau menulis tiga benda atau lebih yang paling diminati, anak-anak menunjukkan minat yang telah terbentuk. yang memberi petunjuk tentang hal-hal yang memberi mereka kepuasan.

Cara Meningkatkan Minat
  • Menggunakan minat-minat siswa yang telah ada - Misalnya siswa menaruh minat terhadap olahraga balap mobil. Sebelum mengajarkan percepatan gerak, pengajar dapat menarik perhatian siswa dengan menceritakan sedikit mengenai balap mobil yang baru saja berlangsung, kemudian sedikit demi sedikit diarahkan ke materi pelajaran yang sesungguhnya.
  • Membentuk minat-minat baru pada diri siswa - Ini dapat dicapai dengan jalan memberikan informasi kepada siswa  mengenai hubungan antara suatu bahan pengajaran yang akan diberikan dengan bahan pengajaran yang lalu, menguraikan kegunaannya bagi siswa di masa yang akan datang.
  • Memakai insentif dalam usaha mencapai tujuan - Insentif merupakan alat yang dipakai untuk membujuk seseorang agar melakukan sesuatu yang tidak mau melakukannya atau yang tidak dilakukannya dengan baik. Diharapkan pemberian insentif akan membangkitkan motivasi siswa, dan mungkin minat terhadap bahan yang akan diajarkan muncul.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel