Contoh Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik (TBS) | Tes Potensi Akademik (TPA) - Untuk mengetahui bakat serta kemampuan seseorang dalam suatu bidang keilmuan maka diperlukan suatu tes yang disebut dengan Tes Bakat Skolastik. Melalui tes ini seseorang akan dapat diukur seberapa dalam bakat dan kemampuannya dalam bidang keilmuan yang di pilih. Selain itu melalui tes ini juga akan tercermin tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang.


Biasanya tes ini digunakan pada ujian masuk perguruan tinggi dan tes standar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Ada juga yang menyebut tes ini dengan istilah Tes Potensi Akademik (TPA). Adapun, TBS atau TPA ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, Tes Verbal atau Bahasa, Tes Numerik atau Angka, Tes Logika, dan Tes Spasial atau Gambar.

  • TES VERBAL berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

  • TES NUMERIK berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

  • TES LOGIKA berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

  • TES SPASIAL atau TES GAMBAR, berfungsi mengukur daya logika (imajinasi) ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini terdiri dari tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.


Contoh Tes Bakat Skolastik
http://adf.ly/7x3CM

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel