Makanan untuk Diet

Menyusun Makanan Untuk Diet - Dari sekian banyak program diet yang populer seperti Diet Mayo sampai Diet Golongan Berdasarkan Golongan Darah, inti dari program diet tersebut adalah menyesuaikan kandungan kalori dalam makanan yang kita konsumsi dengan kebutuhan kalori tubuh kita. Sebagus apapun program diet yang dipakai jika tidak ada sikap disiplin dan kebulatan tekat pada diri kita tentu program diet tersebut tidak akan berhasil.



Oleh karena itu hal yang terpenting dalam melakukan diet adalah menyesuaikan kandungan kalori yang kita makan dengan kebutuhan kalori tubuh kita. Kebutuhan kalori setiap orang tentu berbeda antara satu dengan yang lain. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, diantaranya adalah :
  • Usia
  • Jenis Kelamin
  • Aktifitas Sehari-hari
  • Kondisi Lingkungan
Suatu anggapan yang salah jika dalam usaha untuk menurunkan berat badan, seseorang melakukan “mogok makan” atau tidak makan. Perlu diketahui bahwa dalam menjalankan aktifitas sehari-hari tubuh kita memerlukan energi. Energi yang dibutuhkan tubuh diperoleh melalui makanan yang kita konsumsi setiap hari. Untuk itu meskipun kita ingin mengurangi berat badan, namun perlu diingat pula bahwa tubuh kita juga tetap memerlukan asupan gizi untuk menjalankan aktifitas sehari hari.

Agar kita dapat mengatur jumlah kalori yang masuk melalui makanan maka kita harus menyesuaikan jumlah kalori dalam makanan yang kita konsumsi. Artinya adalah kita harus mengatur menu makanan yang kita konsumsi. Dalam mengatur menu makanan yang sehat adalah terdiri atas; 60-70% karbohidrat, 20-25% lemak dan 10-15% protein.

Berikut Tips Dalam Menyusun Menu Makanan Untuk Diet :
  • Ketahui Kebutuhan Kalori Tubuh Anda – Setelah mengetahui kebutuhan kalori yang diperlukan tubuh anda maka aturlah menu makanan yang anda konsumsi setiap hari. Jangan sampai kandungan kalori dalam makanan yang anda konsumsi melebihi kebutuhan kalori tubuh anda.

  • Kandungan Gizi – Makanan yang sehat adalah makanan yang kaya akan kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, serat dan air. Konsumsi makanan yang sehat dan berimbang.

  • Variasi Makanan – Setiap orang tentu memiliki rasa bosan, demikian pula dalam hal makanan. Untuk itu buatlah variasi makanan anda dengan tetap memperhatikan asupan gizinya.

  • Olahraga – Selain bisa menjaga kondisi tubuh kita agar tetap sehat, olahraga juga dapat mengurangi cadangan energi yang tidak terpakai dalam tubuh kita, dalam hal ini lemak. Untuk itu cara menurunkan berat badan yang sehat selain dengan mengatur makanan adalah dengan berolahraga secara rutin.

  • Disiplin – Ini merupakan suatu hal yang paling penting dalam melakukan diet. Buatlah diri anda sedisiplin mungkin dalam hal makanan. Rubah pola hidup anda ke arah pola hidup yang sehat.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel