Cara Mudah Belajar Fisika


Pelajaran Fisika - Hampir semua bidang ilmu membutuhkan fisika untuk analisa, mulai dari kedokteran, teknik, bahkan sosial ekonomi. Seorang sarjana teknik sipil membutuhkan analisa gaya untuk membuat bangunan. Seorang dokter harus konsep aliran dan viskositas darah dalam menganalisa suatu penyakit. Bahkan seorang pelaku ekonomi ternyata menerapkan konsep hukum Newton II, F = m a, jadi semakin besar gaya yang dilakukan akan semakin besar pula percepatan bisnisnya. Ternyata fisika tidak sesempit yang kita bayangkan, fisika adalah dasar dari sain dan teknologi. Marilah selalu memudahkan fisika, dalam keramatnya fisika terdapat berjuta kenikmatan. Bagi rekan-rekan yang menganggap belajar fisika itu sulit, berikut 7 jalan belajar fisika mudah dan menyenangkan :


  • Berdoalah sebelum belajar, tanamkan dalam pikiran bahwa “Saya Bisa Fisika”. Setiap kita pasti mempunyai keyakinan terhadap Tuhan YME, maka memohonlah kemudahan untuk belajar. Kemudian ulangi sugesti “Saya Bisa Fisika”, sampai merasa yakin dan siap belajar, harus dengan sungguh-sungguh.
  • Baca dan pahami materi yang akan dipelajari. Awal mempelajari fisika, yang terpenting adalah kita tahu apa materi yang kita pelajari, manfaatnya, relevansinya dengan kehidupan dan imajinasikan. Semua itu diperoleh dengan membaca buku referensi, semakin banyak semakin bagus untuk memudahkan imajinasi kita. Sebagai contoh ketika kita mempelajari hukum gerak Newton, kita perlu tau apa manfaat dan hubungan dengan kehidupan. Hukum Newton membahas tentang dinamika gerak, semua gaya pada benda. Rumah kita menerapkan hukum Newton, dan yang lebih sederhana lagi adalah saat kita mendorong atau mengangkat sesuatu, adalah pemanfaatan Hukum Newton.
  • Ingatlah kembali materi yang berhubugan. Setiap bab dalam fisika hampir selalu memiliki hubungan keterkaitan. Jadi ketika sudah membaca dan memahami materi, ingatlah kembali materi sebelumnya yang memiliki hubungan. Saat belajar Hukum Newton, dinamika gerak berhubungan dengan kinematika gerak, yang di dalamnya terdapat kecepatan, percepatan, dan jarak. Begitu selalu dihubungkan tiap materi.
  • Pahami dan petakan rumus, jangan hafalkan rumus. Setelah mnguasai konsepnya, langsung petakan rumus yang menjadi dasar konsep, pahamilah dan jangan dihafalkan. Sebagai contoh Hukum Newton hanya memiliki 3 rumus dasar, ?F = 0, ?F = m a, dan F aksi = - F reaksi. Hanya itu saja konsep dasarnya, pahamilah sifat ketiganya.
  • Carilah contoh soal aplikasi rumus. Pelajari beberapa contoh soal yang merupakan aplikasi rumus dasar tersebut. Pahami setiap langkah pengerjaannya, jangan dihafalkan. Setelah itu lihatlah contoh soal pengembangannya.
  • Terus asah dengan latihan soal sebanyak-banyaknya. Pada saat berlatih soal, lebih baik secara berkelompok. Jadi ketika menemui kesulitan mengerjakan, langsung bisa diskusi dengan teman kelompok. Hal ini menghindari keputus-asaan ketika sulit menemukan langkah mengerjakan soal.
  • Sayangilah fisika dan gurumu. Ketika seseorang sudah menyayangi sesuatu, maka orang tersebut akan berjuang sekuat tenaga untuk yang disayangi. Tuhan selalu bersama orang-orang yang bekerja keras.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel